Resep Sambal Bawang Lombok Ijo Ss

Posted on

Resep Sambal Bawang Lombok Ijo Ss salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Bawang Lombok Ijo Ss

Kamu penggemar pedas? Jika iya, kamu pasti tidak asing dengan sambal bawang lombok ijo ss. Sambal ini sangat cocok untuk kamu yang suka makanan pedas dan ingin mencoba sensasi rasa yang berbeda. Nah, kali ini saya akan berbagi resep sambal bawang lombok ijo ss yang mudah dan praktis untuk kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat sambal bawang lombok ijo ss, pastikan kamu menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 10 buah cabe rawit hijau
  • 5 buah cabe merah
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah tomat hijau
  • 1 buah jeruk limau
  • 1 sdt gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa mulai membuat sambal bawang lombok ijo ss dengan langkah-langkah berikut:

1. Cuci Bersih Semua Bahan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencuci bersih semua bahan yang akan digunakan. Pastikan bahan-bahan tersebut benar-benar bersih dan tidak ada kotoran atau debu yang menempel.

2. Iris Bahan

Setelah dicuci bersih, iris bahan-bahan tersebut menjadi bagian kecil. Iris cabe merah dan rawit hijau, bawang merah dan putih, serta tomat hijau.

3. Tumis Bawang dan Cabe

Panaskan minyak goreng secukupnya di dalam wajan. Setelah panas, tumis bawang merah dan putih hingga harum. Kemudian masukkan cabe merah dan rawit hijau. Tumis hingga layu dan matang.

4. Masukkan Tomat

Setelah cabe dan bawang harum, masukkan tomat hijau yang sudah diiris ke dalam wajan. Aduk rata dan tumis hingga tomat layu dan matang.

5. Tambahkan Gula dan Garam

Setelah semua bahan matang, tambahkan gula dan garam secukupnya. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap ke dalam bahan.

6. Tambahkan Air

Tambahkan air secukupnya ke dalam wajan dan aduk rata. Masak hingga air menyusut dan sambal bawang lombok ijo ss matang sempurna.

7. Sajikan dengan Jeruk Limau

Setelah matang, angkat sambal bawang lombok ijo ss dari wajan dan sajikan dengan irisan jeruk limau di atasnya. Sambal siap disajikan.

Cara Penyajian Sambal Bawang Lombok Ijo SS

Sambal bawang lombok ijo ss bisa disajikan bersama dengan berbagai jenis makanan, seperti nasi goreng, mie goreng, atau makanan lainnya. Kamu bisa menyesuaikan dengan selera dan kegemaranmu.

People also ask:

Q: Apakah sambal bawang lombok ijo ss pedas?
A: Ya, sambal bawang lombok ijo ss memang tergolong pedas, terutama karena menggunakan cabe rawit hijau dan cabe merah sebagai bahan utamanya.

Q: Bisakah sambal bawang lombok ijo ss disimpan dalam waktu yang lama?
A: Sambal bawang lombok ijo ss bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama, asalkan disimpan di dalam wadah tertutup dan diletakkan di dalam lemari pendingin.

Q: Apakah sambal bawang lombok ijo ss bisa dibuat lebih pedas?
A: Ya, kamu bisa menambahkan lebih banyak cabe rawit hijau atau cabe merah ke dalam sambal bawang lombok ijo ss untuk membuatnya lebih pedas sesuai dengan selera kamu.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Bawang Lombok Ijo Ss ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :