Resep Kue Tanpa Telur Rice Cooker

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Tanpa Telur Rice Cooker salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Tanpa Telur Rice Cooker

Kue merupakan salah satu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya enak, kue juga bisa menjadi camilan yang pas di segala suasana. Namun, bagi sebagian orang, membuat kue bisa menjadi hal yang sulit karena tak memiliki bahan-bahan yang diperlukan. Salah satu bahan yang seringkali sulit didapatkan adalah telur. Namun, jangan khawatir karena kamu masih bisa membuat kue tanpa telur menggunakan rice cooker.

Cara Membuat Kue Tanpa Telur Rice Cooker

Sebelum memulai membuat kue tanpa telur menggunakan rice cooker, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • 200 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 100 ml minyak goreng
  • 200 ml air
  • 1 sendok makan baking powder
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • Pewarna makanan (opsional)

Langkah Pertama

Pertama-tama, siapkan wadah dan campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan vanili bubuk. Aduk hingga rata dan pastikan tidak ada gumpalan.

Langkah Kedua

Tambahkan minyak goreng ke dalam campuran tepung terigu tadi dan aduk hingga tercampur rata. Kamu bisa menggunakan mixer atau spatula untuk proses ini.

Langkah Ketiga

Tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata. Jangan menambahkan air terlalu banyak karena bisa membuat adonan terlalu encer dan tidak akan mengembang.

Langkah Keempat

Tambahkan pewarna makanan sesuai dengan selera. Kamu bisa menggunakan pewarna makanan yang sudah siap pakai atau membuatnya sendiri dengan bahan-bahan alami seperti ubi ungu atau pandan.

Langkah Kelima

Siapkan rice cooker dan olesi bagian dalamnya dengan sedikit minyak goreng. Tuangkan adonan kue ke dalam rice cooker dan pastikan hanya mengisi setengah bagian saja agar adonan bisa mengembang dengan sempurna.

Langkah Keenam

Nyalakan rice cooker dan biarkan adonan kue matang selama kurang lebih 30-40 menit. Kamu bisa mengecek kematangan kue dengan tusuk gigi, jika tusuk gigi keluar bersih maka kue sudah matang.

Langkah Ketujuh

Setelah kue matang, keluarkan dari rice cooker dan biarkan dingin sejenak sebelum dihidangkan.

Selamat mencoba resep kue tanpa telur menggunakan rice cooker ini. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cara membuat yang simpel, kamu bisa membuat kue kapan saja tanpa harus repot mencari telur. Jangan lupa untuk eksperimen dengan berbagai pewarna makanan dan variasi rasa agar kue yang kamu buat semakin menarik.

Untuk informasi tambahan, beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang resep kue tanpa telur rice cooker adalah:

  • Apakah bisa menggunakan rice cooker biasa?
  • Apakah bisa menggunakan tepung terigu protein rendah?
  • Apakah bisa menambahkan coklat chip ke dalam adonan?

Jawabannya adalah:

  • Bisa, namun pastikan ukuran rice cooker dan adonan kue pas. Jangan terlalu penuh agar kue bisa mengembang sempurna.
  • Bisa, namun kue akan lebih padat dan tidak terlalu mengembang.
  • Bisa, coklat chip bisa menjadi variasi yang menarik untuk kue tanpa telur rice cooker ini.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Tanpa Telur Rice Cooker ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :