Resep Kue Lapis India Khas Banjar

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Lapis India Khas Banjar salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Lapis India Khas Banjar

Kue lapis India khas Banjar adalah salah satu kue tradisional yang populer di Indonesia. Kue ini terkenal dengan teksturnya yang lembut, manis, dan berlapis-lapis. Kue ini biasanya disajikan pada acara-acara spesial seperti pernikahan, hari raya, atau acara keluarga. Jika Anda ingin mencoba membuat kue lapis India khas Banjar di rumah, berikut adalah resepnya.

Bahan-bahan

Untuk membuat kue lapis India khas Banjar, Anda memerlukan bahan-bahan berikut:

  • 500 gram tepung beras
  • 500 ml santan kental
  • 500 gram gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh vanila bubuk
  • Pewarna makanan (merah, hijau, kuning, dan biru)
  • Air secukupnya

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue lapis India khas Banjar:

Langkah 1: Membuat adonan dasar

Campurkan tepung beras, gula pasir, garam, dan vanila bubuk dalam satu wadah. Tambahkan santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata. Pastikan adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer.

Langkah 2: Membuat lapisan berwarna

Bagi adonan dasar menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah warna yang ingin Anda buat. Tambahkan pewarna makanan pada masing-masing bagian adonan dan aduk hingga warna merata.

Langkah 3: Memanggang kue

Siapkan loyang yang telah diolesi dengan sedikit minyak atau margarin. Tuang adonan berwarna merah di loyang dan panggang selama 10 menit pada suhu 160 derajat Celsius. Setelah itu, tuang adonan berwarna hijau di atas lapisan merah dan panggang kembali selama 10 menit. Ulangi langkah ini hingga semua adonan habis.

Langkah 4: Mendinginkan dan Memotong Kue

Setelah kue selesai dipanggang, biarkan kue dingin selama beberapa menit di dalam loyang. Setelah itu, keluarkan kue dari loyang dan potong-potong sesuai dengan selera Anda. Kue lapis India khas Banjar siap disajikan.

Itulah resep untuk membuat kue lapis India khas Banjar. Jangan lupa untuk mencoba membuatnya di rumah. Selamat mencoba!

People Also Ask

Bagaimana cara membuat kue lapis India khas Banjar yang lezat?

Untuk membuat kue lapis India khas Banjar yang lezat, pastikan adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer. Selain itu, tambahkan sedikit garam dan vanila bubuk pada adonan untuk memberikan rasa yang lebih enak.

Bagaimana cara membuat lapisan kue yang tipis dan merata?

Untuk membuat lapisan kue yang tipis dan merata, pastikan Anda menuangkan adonan dengan hati-hati dan rata di atas lapisan sebelumnya. Jangan terlalu banyak mengoleskan adonan pada lapisan sebelumnya karena hal ini dapat membuat lapisan kue menjadi terlalu tebal.

Bagaimana cara menyajikan kue lapis India khas Banjar yang benar?

Untuk menyajikan kue lapis India khas Banjar, potong-potong kue sesuai dengan selera Anda dan tata di atas piring atau wadah. Anda juga dapat menambahkan topping seperti wijen atau kacang sebagai pelengkap.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba membuat kue lapis India khas Banjar di rumah!

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Lapis India Khas Banjar ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :