Resep Kue Bolu Kukus Sederhana Dan Murah

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Bolu Kukus Sederhana Dan Murah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Bolu Kukus Sederhana Dan Murah

Sebagai koki profesional, saya ingin berbagi dengan Anda resep kue bolu kukus sederhana dan murah. Bolu kukus adalah salah satu kue yang populer dan dapat dinikmati oleh semua orang. Kue ini sangat cocok untuk disajikan sebagai makanan ringan atau sebagai hidangan penutup. Dengan menggunakan resep yang tepat, Anda dapat membuat kue bolu kukus yang lembut dan enak.

Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat kue bolu kukus, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda butuhkan:

  • 150 gram tepung terigu
  • 150 gram gula pasir
  • 4 butir telur
  • 1 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh emulsifier
  • 100 ml air matang
  • Pewarna makanan (opsional)

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue bolu kukus sederhana dan murah:

1. Siapkan Wadah dan Alat

Pertama, siapkan wadah yang bersih dan kering untuk mengaduk bahan-bahan. Selain itu, pastikan Anda juga sudah menyiapkan alat-alat seperti mixer atau whisk untuk mengocok telur dan bahan-bahan lainnya.

2. Campurkan Tepung Terigu, Baking Powder, dan Garam

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan tepung terigu, baking powder, dan garam. Aduk rata dan sisihkan terlebih dahulu.

3. Kocok Telur dan Gula Pasir

Ambil telur dan gula pasir, kocok dengan menggunakan mixer atau whisk hingga mengembang dan berwarna putih. Pastikan kocokan telur dan gula pasir sudah mengembang dan mengental agar kue bolu kukus Anda nanti dapat mengembang dengan baik.

4. Masukkan Tepung Terigu yang Sudah Dicampur

Setelah telur dan gula pasir sudah mengembang, masukkan campuran tepung terigu, baking powder, dan garam yang sudah diaduk rata tadi. Aduk perlahan hingga tercampur rata. Jangan terlalu lama mengaduknya agar adonan tidak overmix.

5. Tambahkan Emulsifier dan Air Matang

Selanjutnya, tambahkan emulsifier dan air matang pada adonan. Aduk hingga tercampur rata. Jika ingin memberikan warna pada kue, tambahkan pewarna makanan pada adonan.

6. Tuang Adonan ke Dalam Loyang

Setelah adonan sudah siap, tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles dengan mentega atau margarin. Jangan mengisi loyang terlalu penuh karena adonan akan mengembang saat dikukus.

7. Kukus Adonan

Langkah terakhir adalah mengukus adonan selama 30-40 menit. Setelah matang, keluarkan loyang dari dalam kukusan dan biarkan adonan dingin sebentar sebelum diangkat dari loyang.

Tips dan Trik

Agar kue bolu kukus Anda lebih lembut dan enak, ada beberapa tips dan trik yang dapat Anda terapkan:

  • Pastikan telur dan bahan-bahan lainnya dalam keadaan suhu ruang.
  • Kocok telur dan gula pasir dengan mixer atau whisk hingga mengembang dan berwarna putih.
  • Jangan terlalu lama mengaduk adonan agar tidak overmix.
  • Saat mengukus, jangan membuka tutup kukusan terlalu sering agar adonan tidak kempes dan tidak mengembang dengan baik.

Demikianlah resep kue bolu kukus sederhana dan murah yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Selamat mencoba!

People also ask, “Apakah kue bolu kukus dapat disimpan dalam waktu yang lama?” Ya, kue bolu kukus dapat disimpan dalam waktu yang lama jika disimpan dalam wadah kedap udara dan diletakkan di tempat yang kering dan sejuk. Namun, pastikan kue bolu kukus sudah dingin sebelum disimpan agar tidak terlalu lembab.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Bolu Kukus Sederhana Dan Murah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :