Resep Kue Bolu Caramel Sarang Semut

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Bolu Caramel Sarang Semut salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Bolu Caramel Sarang Semut

Kue bolu caramel sarang semut adalah salah satu jenis kue yang cukup populer di Indonesia. Kue ini memiliki rasa yang manis dan lezat, serta tekstur yang lembut dan empuk. Jika kamu ingin mencoba membuat kue bolu caramel sarang semut sendiri di rumah, berikut adalah resep yang bisa kamu ikuti.

Bahan-bahan

Untuk membuat kue bolu caramel sarang semut, kamu membutuhkan bahan-bahan berikut ini: – 6 butir telur – 200 gram gula pasir – 1 sendok teh vanili – 250 gram tepung terigu – 1 sendok teh baking powder – 1/2 sendok teh garam – 150 gram mentega – 150 ml susu cair – 50 gram gula merah, serut halus

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue bolu caramel sarang semut: 1. Pertama-tama, panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius. 2. Siapkan loyang bulat dengan diameter 20 cm, olesi dengan mentega dan taburi tepung terigu. 3. Pisahkan putih telur dan kuning telur dalam dua wadah yang berbeda. 4. Kocok putih telur dengan mixer sampai berbusa, lalu tambahkan 100 gram gula pasir sedikit-sedikit sambil terus dikocok sampai kaku. 5. Dalam wadah yang berbeda, kocok kuning telur dengan sisa gula pasir dan vanili sampai mengembang. 6. Campurkan tepung terigu, baking powder, dan garam dalam satu wadah dan aduk rata. 7. Masukkan campuran tepung ke dalam adonan kuning telur secara bertahap sambil terus diaduk hingga rata. 8. Masukkan mentega cair dan susu cair ke dalam adonan kuning telur, aduk rata. 9. Masukkan putih telur kocok ke dalam adonan kuning telur secara bertahap dan aduk perlahan dengan spatula hingga rata. 10. Masukkan gula merah serut halus ke dalam adonan dan aduk rata. 11. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. 12. Panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan selama 45-50 menit atau sampai matang. 13. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebelum disajikan.

Tips dan Trik

– Pastikan semua bahan sudah diukur dengan benar sebelum dimasukkan ke dalam adonan. – Jangan terlalu sering membuka oven ketika memanggang kue agar kue tidak kempes. – Jika ingin menambahkan rasa yang lebih kaya, bisa ditambahkan 1 sendok teh kopi instan ke dalam adonan. – Jangan mengganti gula pasir dengan gula halus atau gula bubuk karena bisa mempengaruhi tekstur kue.

People Also Ask

– Apa bedanya kue bolu caramel sarang semut dengan kue bolu biasa? Kue bolu caramel sarang semut memiliki tambahan gula merah serut yang memberikan rasa karamel dan tekstur yang unik seperti sarang semut. – Bisakah mengganti gula merah dengan gula pasir? Bisa, tapi kue tidak akan memiliki rasa karamel yang khas dari gula merah. – Apa yang bisa menjadi alternatif gula merah jika sulit ditemukan? Gula kelapa atau brown sugar bisa menjadi alternatif yang baik untuk gula merah.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Bolu Caramel Sarang Semut ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :