Resep Kue Apem Potong Gula Merah

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Apem Potong Gula Merah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Apem Potong Gula Merah

Kue apem potong gula merah adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer. Rasanya yang manis dan legit sangat cocok untuk dijadikan teman minum teh atau kopi. Kue apem potong gula merah ini biasanya terbuat dari tepung ketan dan gula merah sebagai bahan utamanya. Berikut ini adalah resep untuk membuat kue apem potong gula merah yang lezat dan mudah dibuat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue apem potong gula merah, pastikan bahan-bahannya sudah siap. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 300 gram tepung ketan
  • 200 gram gula merah, serut halus
  • 400 ml air kelapa
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh ragi instan
  • Pewarna makanan merah secukupnya
  • Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat adonan

Untuk membuat adonan kue apem potong gula merah, pertama-tama campurkan tepung ketan, gula merah serut, garam, dan ragi instan dalam sebuah wadah. Aduk rata.

Selanjutnya, tambahkan air kelapa sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

Tambahkan pewarna makanan merah secukupnya untuk memberikan warna pada adonan.

Cara membuat kue apem

Setelah adonan siap, langkah selanjutnya adalah membuat kue apem. Pertama-tama, panaskan wajan datar dengan api sedang.

Kemudian, ambil selembar daun pisang dan beri sedikit minyak goreng. Letakkan sejumput adonan di atas daun pisang yang telah diolesi minyak goreng.

Lalu, letakkan daun pisang yang berisi adonan di atas wajan datar yang telah dipanaskan. Tutup wajan dengan tutup panci agar kue apem matang merata.

Biarkan kue apem matang selama kurang lebih 5-10 menit. Setelah matang, angkat dan potong-potong sesuai selera.

Cara menyajikan

Kue apem potong gula merah siap disajikan. Anda dapat menyajikannya di atas piring atau wadah yang telah disiapkan. Kue apem potong gula merah ini cocok disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup.

Nah, itu tadi resep untuk membuat kue apem potong gula merah yang enak dan mudah dibuat. Selamat mencoba!

People also ask:

1. Apa itu kue apem potong gula merah?

Kue apem potong gula merah adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah sebagai bahan utamanya. Rasanya yang manis dan legit sangat cocok untuk dijadikan camilan atau hidangan penutup.

2. Bagaimana cara membuat kue apem potong gula merah yang enak?

Untuk membuat kue apem potong gula merah yang enak, pastikan bahan-bahannya sudah siap dan ikuti langkah-langkah dalam resep di atas dengan teliti. Jangan lupa untuk mencampurkan bahan-bahan dengan baik dan benar agar adonan tercampur rata.

3. Apa yang bisa dijadikan pengganti gula merah dalam membuat kue apem potong?

Anda dapat menggunakan gula kelapa atau gula pasir sebagai pengganti gula merah dalam membuat kue apem potong.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Apem Potong Gula Merah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :