Cara Mengatasi Jerawat Ketiak

Posted on

Cara Mengatasi Jerawat Ketiak salah satu yang populer di internet. Tips Kecantikan mudah diaplikasikan dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Jerawat Ketiak

Jerawat ketiak bisa sangat mengganggu penampilan dan membuat kita merasa tidak percaya diri. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara mengatasi jerawat ketiak yang bisa kita coba. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu kita mengatasi jerawat ketiak.

Mengapa jerawat bisa muncul di ketiak?

Jerawat ketiak bisa muncul karena beberapa faktor. Salah satunya adalah keringat yang menumpuk di ketiak dan menyumbat pori-pori kulit. Selain itu, penggunaan deodoran atau antiperspirant yang mengandung bahan kimia tertentu juga bisa memicu munculnya jerawat.

Cara mengatasi jerawat ketiak secara alami

Jika kita ingin mengatasi jerawat ketiak dengan cara alami, ada beberapa bahan alami yang bisa kita gunakan seperti:

1. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung zat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang bisa membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Oleskan gel lidah buaya pada area ketiak yang berjerawat dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

2. Minyak esensial tea tree

Minyak esensial tea tree mengandung zat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Oleskan beberapa tetes minyak esensial tea tree pada kapas dan tempelkan pada area ketiak yang berjerawat selama beberapa jam sebelum dibilas dengan air bersih.

3. Madu

Madu mengandung zat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Oleskan madu pada area ketiak yang berjerawat dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Cara mengatasi jerawat ketiak dengan obat-obatan

Jika jerawat ketiak sudah parah dan tidak bisa diatasi dengan cara alami, kita bisa mencoba menggunakan obat-obatan seperti:

1. Obat jerawat topikal

Obat jerawat topikal seperti benzoyl peroxide atau retinoids bisa membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Oleskan obat jerawat topikal pada area ketiak yang berjerawat sesuai dengan instruksi pada kemasan.

2. Antibiotik oral

Jika jerawat ketiak sudah parah dan terus bertambah, dokter bisa meresepkan antibiotik oral untuk membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara mencegah jerawat ketiak

Tidak hanya mengatasi jerawat ketiak, kita juga perlu mencegah jerawat ketiak agar tidak kembali muncul. Berikut adalah beberapa cara mencegah jerawat ketiak:

1. Jaga kebersihan ketiak

Rajin membersihkan ketiak dengan sabun dan air bisa membantu mengurangi keringat dan kotoran yang menumpuk di ketiak, sehingga pori-pori kulit tidak tersumbat.

2. Gunakan deodoran atau antiperspirant yang tepat

Pilih deodoran atau antiperspirant yang tidak mengandung bahan kimia yang bisa memicu munculnya jerawat. Pilihlah produk yang mengandung bahan alami seperti tea tree oil atau chamomile.

3. Hindari pakaian yang terlalu ketat

Pakaian yang terlalu ketat bisa membuat kulit tidak bisa bernafas dan menyebabkan keringat menumpuk di ketiak. Gunakan pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat seperti katun.

People also ask: Apakah jerawat ketiak bisa menyebar ke bagian tubuh lain? Jerawat ketiak tidak akan menyebar ke bagian tubuh lain, tapi jika kita tidak membersihkan ketiak dengan baik, bakteri penyebab jerawat bisa menyebar ke area lain di sekitar ketiak.

Jadi, sudah tahu kan cara mengatasi jerawat ketiak? Jangan lupa untuk mencegah jerawat ketiak agar tidak kembali muncul. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Cara Mengatasi Jerawat Ketiak ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :